KD. DIFFERENSIAL

MATERI DIFFERENSIAL

MATERI DIFFERENSIAL  ATAU GARDAN

Diferensial dalam bahasa zeeb differential gear, yaitu suatu peranti yang berfungsi memberikan perbedaan putaran (yang berlainan) antara kedua roda, dalam hal ini roda belakang.[1]

Diferensial ini terdiri atas susunan roda roda gigi yang berbentuk kerucut (bevel drive pinion). Roda - roda gigi khusus yang berbentuk roda gigi kerucut ini disebut juga cardan atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan gardan. Pada umumnnya konstruksi dasar dari diferensial adalah dua roda yang masisng - masing ujung poros dipasang dengan sebuah roda gigi kerucut. Kedua roda gigi kerucut ini disebut roda gigi samping (side gear), yang selanjutnya dihubungkan dengan dua roda gigi kerucut lain yang berukuran lebih kecil yang disebut roda gigi diferensial atau differential pinion sehingga keempat roda gigi tersebut saling berkaitan.

Gardan terdiri dari

Side gear untuk meneruskan putaran ke masing masing roda

Pinion gear berfungsi untuk menghasilkan perbedaan putaran

Pinion drive gear berfungsi untuk meneruskan putaran dari poros propeller ke gardan

Ring gear berfungsi untuk mengubah sudut putaran menjadi 90 derajat

Differential case berfungsi sebagai rumah dari pinion gear

Axle shaft housing berfungsi sebagai rumah gardan dan tempat oli garden


Differential memiliki 3 fungsi utama, yaitu :
  1. Memperbesar momen dengan cara mereduksi putaran dari poros propeller atau output transmisi (bagian yang berguna untuk memperbesar momen dilakukan oleh bagian final gear).
  2. Merubah arah putaran dari poros propeller atau output transmisi sebesar 90o atau tegak lurus (bagian yang berguna untuk merubah arah putaran dilakukan oleh bagian final gear).
  3. Memungkinkan terjadinya perbedaan putaran antara roda kanan dan kiri saat kendaraan berbelok (bagian yang berguna untuk membedakan putaran antara roda kanan dan kiri dilakukan oleh bagian differential gear).

Terdapat dua tipe susunan roda gigi yang umumnya digunakan pada bagian final gear yaitu tipe hypoid bevel gear dan tipe helical gear.

Tipe hypoid bevel gear digunakan pada kendaraan mobil dengan penggerak roda belakang sedangkan tipe hlical gear digunakan pada kendaraan mobil dengan penggerak roda depan.

Tipe hypoid bevel gear
Pada susunan roda gigi final gear tipe hypoid bevel gear, komponen drive pinion dipasang secara offset dengan garis tengah ring gear, untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan pada gambar di bawah ini :

Pada tipe ini, perbandingan persinggungan antara roda-roda giginya besar dan bekerja dengan halus. Selama beroperasi, untuk mencegah keausan antara drive pinion dengan ring gear maka komponen-komponen ini harus dilumasi. Pelumas yang digunakan untuk melumasi final gear tipe hypoid bevel gear yaitu menggunakan oli hypoid gear yang memiliki lapisan oil film yang kuat.

Tipe helical gear
Pada susunan roda gigi final gear tipe helical gear, komponen drive pinion dan ring gear disusun secara sejajar selalu bersinggungan dengan posisi yang sama tanpa adanya celah antara kedua roda gigi tersebut, untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan pada gambar di bawah ini :

Pada susunan tipe ini, bunyi dan getaran yang ditimbulkan akibat persinggungan antara kedua roda gigi tersebut sangat kecil dan momen dapat dipindahkan dengan lembut. Pelumasan roda gigi final gear tipe ini menjadi satu dengan pelumas transmisinya

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

K.D. 3.13 MENERAPKAN METODE PERAKITAN PRODUK (PKK KELAS XII)